DINAS PANGAN

SEHAT DENGAN
PANGAN LOKAL

KENALI PANGAN LOKAL NUSANTARA

Mari kita optimalkan potensi pangan lokal, negeri ini memiliki potensi pangan lokal yang luar biasa besar dan bisa menjadi substitusi beras sebagai makanan pokok.

INFORMASI PANGAN LOKAL

Pisang bisa dijadikan makanan pengganti nasi karena buah ini kaya akan kandungan karbohidrat. Dalam satu batang buah pisang, bahkan kadar Read more

ANEKA RESEP OLAHAN PANGAN LOKAL

  1. Ubi kayu segar
  2. Disortasi
  3. Dikupas
  4. Dicuci
  5. Dirajang/disawut
  6. DIpress
  7. Dikeringkan (sinar Matahari/oven)
  8. SAWUT KERING
  9. Digiling /ditepungkan
  10. Diayak 80 Mesh
  11. TEPUNG UBI KAYU 
  1. Ubi kayu segar
  2. Disortasi
  3. Dikupas
  4. Dicuci
  5. Dirajang/Disawut
  6. Perendaman di larutan starter (1gr ragi/gram untuk 1 kg sawutan singkong
  7. Dibilas Ditiriskan
  8. Dikeringkan
  9. Sawut Kering
  10. Digiling
  11. Diayak 80 Mesh
  12. TEPUNG MOCAF
  1. Ubi jalar segar
  2. Dikukus sampai masak
  3. Dihaluskan
  4. PASTA / GEHUK
  • Untuk menghilangkan lender dan rasa gatal pada talas dengan cara merendam dalam larutan garam ( 1 Liter air : 1 Sendok Teh Garam) atau larutan cuka ( 1 Liter air : 1 Sendok Makan Cuka), selama minimal 30 menit lalu dicuci bersih. Jika masih gatal, diulang sekali lagi

INFORMASI PANGAN SEHAT