DINAS PANGAN

RESEP MEMBUAT KOLONG KLITHIK

Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong (Manihot utilissima) dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Akan tetapi singkong bisa dijadikan olahan lain, seperti camilan. Kolong Klithik merupakan salah satu jenis camilan khas Pacitan yang terbuat dari singkong. Rasa kolong klithik yang gurih dan renyah menjadi ciri khas kolong klithik itu sendiri. Kolong klithik tergolong camilan yang sehat, karena bahan bakunya singkong ditambahkan bumbu garam dan bawang putih. Berikut kami berikan resep membuatnya.

Bahan:

  • Singkong Muda
  • Bawang Putih
  • Ketumbar
  • Garam

 

Cara membuat:

  1. Kupas dan bersihkan singkong terlebih dahulu
  2. Giling/parut/tumbuk singkong sampai halus
  3. Peras parutan singkong sampai hilang kandungan airnya. Simpan air perasan singkong untuk digunakan sebagai anti lengket saat membentuk kolong.
  4. Haluskan bumbu-bumbu (bawang putih, ketumbar, dan garam). Banyaknya bumbu disesuaikan dengan seberapa banyak singkong yang akan di olah.
  5. Kukus singkong hingga tingkat kematangannya 70%, tidak perlu sampai matang 100%
  6. Tiriskan kukusan singkong dalam wadah yang besar.
  7. Campur dan aduk kukusan singkong yang telah ditiriskan hingga benar-benar tercampur, karena pada saat proses pengukusan tingkat kematangan adonan singkong bagian luar dan dalam tidak sama, sehingga proses pencampuran harus dilakukan dengan baik agar kolong lebih renyah.
  8. Adonan yang sudah tercampur kemudian dibentuk bulat-bulat dengan cara mengambil sedikit demi sedikit adonan dan digiling-giling kemudan dibentuk bulat. Gunakan air perasan singkong agar adonan tidak lengket.
  9. Jemur adonan yang sudah dibentuk dibawah sinar matahari hingga kering. Atau bisa juga menggunakan oven.
  10. Terakhir, goreng adonan yang telah dikeringkan.
  11. Kolong klithik siap dinikmati.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *