DINAS PANGAN

VISI DAN MISI

Sesuai dengan tugas pokok fungsi dan kewenangan  Dinas Pangan berdasarkan Peraturan Bupati Pacitan No. 70 Tahun 2016 tentang Kedudukan,Tugas dan Fungsi, Susunan Organisasi, serta Tata Kerja Dinas Pangan maka Visi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai berikut :

“Mewujudkan Pacitan Sejahtera, Berdaya Saing melalui Penguatan Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan”

Penetapan Visi di atas sebagai bagian dari perencanaan strategis dan merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan suatu organisasi.  Visi adalah cara pandang jauh kedepan kemana instansi pemerintah harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif, dan inovatif. Disamping untuk menyikapi visi Bupati Pacitan periode Tahun 2016-2021  yaitu “Maju dan Sejahtera Bersama Rakyat” serta isu yang berkembang dewasa ini. Selanjutnya Visi tersebut dijabarkan menjadi 3 Misi Dinas Pangan Kabupaten Pacitan yaitu:

  1. Meningkatkan Ketersediaan Pangan dan Aksesbilitas Pangan Masyarakat secara Berkelanjutan serta Mengantisipasi dan Mengurangi Kerawanan Pangan
  2. Mengembangkan Penganekaragaman Pangan Menuju Konsumsi Pangan yang Berimbang, Bergizi Seimbang dan Aman Berbasis Sumber Daya Lokal yang Bernilai Ekonomis
  3. Meningkatkan Pelayanan Masyarakat melalui Profesionalisme Aparatur Sipil Dinas Pangan Berbasis Kinerja 

Tujuan di dalam Perencanaan Strategis Dinas Pangan Kabupaten Pacitan Tahun 2016–2021 adalah meningkatkan ketahanan pangan melalui ketersediaan, distribusi dan akses pangan.

Sasaran di dalam Rencana Dinas Pangan Kabupaten Pacitan Tahun 2016 – 2021 adalah:

    1. Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Pangan;
    2. Meningkatnya akuntabilitas Dinas Pangan;
    3. Meningkatnya pelayanan perangkat daerah.